Mainan Anak

Tips Memilih Tempat Bermain Anak Yang Aman Dan Nyaman

March 24, 2019

Salah satu cara membahagiakan sang buah hati adalah dengan mengajaknya ke tempat bermain. Saat ini sudah ada banyak sekali jual wahana permainan anak indoor maupun outdoor. Namun sebagai orang tua, Anda tidak boleh sembarangan mengajak si kecil bermain di sembarangan tempat meskipun namanya adalah taman bermain anak-anak.

Sebelum membiarkan anak bermain di suatu arena bermain, pastikan terlebih dahulu syarat-syarat di bawah ini telah terpenuhi. Berikut adalah tips memilih tempat bermain anak yang aman dan nyaman antara lain:

  1. Tempat luas dan terang

Tempat bermain yang luas membuat anak lebih leluasa saat bermain, selain itu sudah pasti tempat bermain yang luas tidak akan membuat pengunjungnya untuk antre berlama-lama. Sedangkan penerangan juga tidak kalah penting. Selain tempat yang luas, tempat bermain anak yang terang terkadang juga menjadi pertimbangan banyak orang tua. Arena bermain yang terang tentu akan sangat memudahkan para orang tua untuk mengawasi pergerakan sang anak saat bermain. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan jual arena bermain anak tentu tidak memperbolehkan orang tua untuk ikut masuk bersama anak.

  1. Memiliki pengawas

Arena bermain yang menyediakan seorang pengawas juga sangat penting, meskipun sudah pasti orang tua juga turut mengawasi si kecil. Orang tua hanya dapat mengawasi buah hati dengan melihatnya saja dari luar. Namun seorang pengawas dapat menjaga anak di dalam arena bermain. Pengawas tersebut bertugas mengamati anak-anak yang bingung saat bermain, tersesat di dalam arena bermain, atau ada alat permainan yang rusak. Dengan adanya pengawas membuat orang tua menjadi lebih tenang dan sang buah hati pun dapat bermain dengan aman, nyaman, dan riang.

  1. Keamanan dan kebersihan arena bermain

Dalam arena bermain anak-anak akan bermain dan menyentuh dan menggunakan semua peralatan yang tersedia seperti mainan. Sehingga faktor kebersihan tentu menjadi faktor utama dalam arena bermain agar anak tidak terjangkit kuman penyakit setelah bermain. Kebersihan arena bermain juga ditandai dengan larangan membawa makanan dan minuman ke dalam arena bermain. Tentu saja agar tidak ada makanan atau minuman yang tumpah dan berceceran di sekitar arena bermain. Sedangkan soal keamanan dapat ditandai dengan jenis permainan yang sesuai dengan usia anak. Selain itu pengawas juga bisa dijadikan indikator keamanan arena bermain.

  1. Memiliki banyak jenis permainan

Jenis permainan secara langsung tentu akan mempengaruhi minat dan antusiasme anak. Arena bermain yang dilengkapi banyak jenis permainan tentu akan membuat si kecil semakin senang misalnya ayunan, perosotan, kolam bola, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya. Selain itu tema jual arena bermain anak kadang juga menjadi pertimbangan pribadi sang anak misalnya princess, luar angkasa, jungle, dan lain sebagainya.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply