Pendidikan

Persiapan Kuliah ke Jerman dengan Pelatihan

March 26, 2019

Beberapa orang beranggapan bahwa kuliah di luar negeri sangat bergengsi dan berlomba-lomba mendaftar ke sana. Akan tetapi, beberapa orang yang tidak kuat dengan ketatnya kualifikasi akan terjebak dalam status DO (drop out). Salah satu tujuan universitas bergengsi yaitu kuliah di Jerman, karena memang sudah sangat terkenal akan lulusan yang pintar dan kompetitif di bidangnya. Agar kamu mampu bersaing dan menghindari status DO lakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Melakukan Pelatihan Bahasa Jerman

Ada kualifikasi khusus yakni mampu dan fasih berbahasa Jerman, minimal kamu bisa mengetahui arti dan berbicara dahulu dalam Bahasa Jerman. Akan ada 2 tingkat bahasa Jerman yaitu kelas *ZD tingkat dasar dan kelas **ZMP tingkat menengah. Jika dalam pelatihan ini kamu selesai dan diuji dengan tes kemudian lolos maka kamu bisa mendaftar jenjang S1 untuk kuliah di Jerman.

  • Belajar untuk Tes Masuk ke Kampus yang Dituju

Setelah kamu lolos tes bahasa Jerman, kamu bisa mendaftar beasiswa ke salah satu kampus di Jerman. Kemudian akan ada tes masuk lagi, di sini kamu harus mengerahkan semua potensi keilmuan yang dimiliki.

  • Nilai Ujian Minimal 6,5

Nilai ujian kamu saat sekolah menengah harus minimal 6,5 atau bahkan lebih dari itu. Jika kurang dari syaratnya tetap bisa mengikuti ujian, asalkan saat ujian masuk ke kampus Jerman kamu bisa lolos dengan baik.

  • Mampu Lolos Ujian Masuk Ke Bahasa Jerman  

Jika kamu ingin masuk ke jurusan bahasa Jerman maka akan mendapatkan tambahan tes dengan presentase khusus bahasa Jerman lebih banyak setelah tes eksak. Di sini kamu benar-benar harus mampu menguasai minimal 50 persen berbahasa Jerman, mulai dari listening, reading and writing dalam Bahasa Jerman jenjang Sekolah Menengah Atas. Barulah jika sudah lolos kamu otomatis diterima dan bisa memperdalam bahasa Jerman ke jenjang S1.

Persiapkan matang untuk kamu yang berminat kuliah di Jerman, sedikit banyak tips di atas akan membantu meloloskan kamu untuk belajar ke sana.

No Comments

Leave a Reply