Dapur

Mengenal Desain Dan Fungsi Baju Chef Sebagai Salah Satu Chef Equipment

December 29, 2020

Seorang chef dituntut agar bisa menyajikan makanan yang istimewa bagi para pelanggannya dengan tetap menjaga kebersihan dapur dan pakaian yang dikenakannya. Namun ketika diperhatikan, baju chef yang termasuk dalam chef equipment memiliki keunikan tersendiri. Apa saja itu? Inilah beberapa diantaranya:

  • Warna Baju

Baju seorang chef yang berwarna putih memiliki alasan yaitu sebagai pemantul hawa panas. Karena seperti yang anda ketahui, seorang chef akan bekerja di dapur yang merupakan tempat yang panas. Karena warna putih adalah warna yang dapat memantulkan panas tidak seperti warna hitam yang justru menyerap panas.

  • Memakai Topi

Selain sebagai seragam, topi chef juga memiliki peran penting untuk mencegah rambut jatuh dan masuk ke dalam masakannya. Selain itu, topi juga berguna untuk menunjukkan personal hygiene sehingga terlihat bersih dan rapi dari ujung rambut hingga ujung kaki. Hal unik lainnya dari topi seorang chef adalah bentuknya yang panjang. Ternyata bentuk panjang juga memiliki arti yaitu semakin profesional atau semakin tinggi jabatan seorang koki, maka semakin tinggi pula topinya.

  • Baju Lengan Panjang

Lengan panjang pada pakaian seorang koki berguna untuk melindunginya dari kecelakaan di dapur seperti luka bakar karena terkena cipratan minyak panas, terkena benda panas, atau tersiram air panas. Karena tempat kerja chef yang harus berada di dapur yang memiliki risiko terkena berbagai luka bakar yang dapat menghambat kerjanya karena itulah baju chef berlengan panjang.

  • Celana

Salah satu bagian dari chef equipment lainnya adalah celana panjang yang terbuat dari bahan katun tebal untuk melindungi chef dari risiko tumpahan masakan panas atau terkena alat masak panas. Celana panjang chef di desain dengan warna yang senada dengan bajunya agar terlihat rapi.

  • Celemek

Celemek atau apron berfungsi untuk melindungi pakaian chef dari cipratan makanan agar pakaian tetap bersih. Selain itu, apron juga berfungsi sebagai lap untuk menghilangkan kotoran pada piring atau pada tempat makan lainnya.

  • Baju Dua Lapis

Dibalik panasnya suasana dapur, seorang chef juga harus memperhatikan baju yang ia gunakan. Jika memasak di rumah anda lebih memilih baju berbahan setipis mungkin akibat panasnya uap kompor, berbeda dengan seorang chef dengan desain baju yang berlapis, agar penampilan chef sempurna dan kesan makanan yang dihasilkan juga semakin sempurna. Selain itu, lapisan depan kotor, chef akan mengganti dengan lapisan belakangnya agar tetap terlihat bersih.

Itulah tadi beberapa fungsi dan rahasia dibalik baju chef yang merupakan chef equipment yang jarang diketahui banyak orang. Terimakasih.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply