Kesehatan

Cek Masa Subur Dengan Ovutest dan Cara Meningkatkan Kesuburan

February 25, 2021

Masa subur adalah masa-masa yang paling ditunggu oleh kaum wanita yang sedang menjalankan program hamil. Tetapi, yang menjadi kendala adalah wanita tidak bisa mengetahui dengan pasti kapan waktu subur tersebut. Padahal jika mengetahui masa subur akan mempermudah untuk merencanakan kehamilan. Oleh karena itu, wanita perlu menggunakan suatu alat yang dinamakan ovutest untuk mengetahui kapan waktu subur. Kamu bisa cek masa subur dengan ovutest.

Cek Masa Subur Dengan Ovutest

Ovutest (ovulation test pack) adalah salah satu alat yang dapat mendeteksi kapan wanita mengalami masa subur. Cek masa subur dengan ovutest terbilang sangat mudah dan efektif. Anda hanya tinggal meneteskan sampel urine anda ke alat tersebut. Cara kerja dari alat ini adalah dengan mendeteksi perubahan luteinizing hormon (LH) dalam urine. Jika alat tersebut menyebutkan produksi hormon LH mengalami peningkatan maka ini adalah waktu yang tepat untuk berhubungan seksual dengan pasangan anda.

Cek masa subur dengan ovutest sangat akurat mencapai 99 % benar dalam sekali pakai. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, anda tinggal membelinya di apotik-apotik terdekat. Anda bisa menanyakan langsung kepada karyawan apotek karena alat ini hampir mirip dengan test pack biasa. Namun, yang perlu diperhatikan adalah alat ini tidak dapat digunakan pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau luiteinized unrupured follicle syndrome (LUFS) sebab, hormone tersebut sangat mempengaruhi hormon LH.

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Mendeteksi wanita subur memang bisa dilakukan di lihat dari siklus menstruasi, dimana sekitar 10 hingga 14 hari sebelum masa haid tiba. Tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur sehingga untuk mengetahuinya perlu cek masa subur dengan ovutest. Tidak hanya dengan mengandalkan alat saja, bila anda benar-benar tengah menjalani program hamil anda juga perlu meningkatkan kesuburan. Berikut adalah tips meningkatkan kesuburan wanita secara alami.

  • Banyak mengkonsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng sangat membantu untuk meningkatkan kesuburan wanita maupun laki-laki. Antioksidan dapat menonaktifkan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa merusak sel sperma dan telur. Makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti vitamin C, folat, beta karoten dan lutein bisa anda konsumsi setiap harinya.

  • Perhatikan pola makan dan sering olahraga

Tahukah anda makanan yang anda konsumsi setiap harinya bisa mempengaruhi nutrisi, fungsi hormon dan tentunya kesuburan. Lebih baik anda menghindari makan makanan yang mengandung lemak trans atau makanan karbohidrat olahan. Anda juga perlu melakukan olahraga rutin untuk menyeimbangkan berat badan karena jumlah lemak yang terlalu berlebih dapat menganggu siklus menstruasi.

  • Menghindari alcohol, kafein dan rokok

Alkohol, kafein dan rokok sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita yang tengah menjalankan program hamil sebab, dapat berakibat menurunkan kesuburan.

 

No Comments

Leave a Reply